Penjelasan Tentang Seni Dilihat dari Berbagai Definisi - EngKong.id

Seni, Budaya, Teknologi dan Hari-hari Nasional

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 31 Maret 2018

Penjelasan Tentang Seni Dilihat dari Berbagai Definisi

Seni-EngKong
Seni



Seni Menurut Sansekerta.



Kata seni sendiri adalah kata yang berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu kata “sani” yang memiliki makna “pemujaan”, “persembahan”, dan “pelayanan”. Jadi kata seni sejatinya memiliki keterikatan yang sangat erat dengan upacara keagamaan yang kemudian disebut juga dengan kesenian. Salah satu seorang pegiat seni yang bernama Padmapuspita berpendapat, bahwa seni itu berasal dari kata “genie” yang awalnya dari Bahasa Belanda yang dalam bahasa latin  berarti “genius”, dari penjelasan tersebut kemudian disimpulkan bahwa seni merupakan kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir.


Dalam bahasa Sanskerta, kata seni disebut cilpa. Sebagai kata sifat, cilpa berarti berwarna, dan kata jadiannya su-cilpa berarti dilengkapi dengan bentuk-bentuk yang indah atau dihiasi dengan indah. Sebagai kata benda ia berarti pewarnaan, yang kemudian berkembang menjadi segala macam kekriaan yang artistik. Cilpacastra yang banyak disebut-sebut dalam pelajaran sejarah kesenian, adalah buku atau pedoman bagi para cilpin, yaitu tukang, termasuk di dalamnya apa yang sekarang disebut seniman. Memang dahulu belum ada pembedaan antara seniman dan tukang. Pemahaman seni adalah yang merupakan ekspresi pribadi belum ada dan seni adalah ekspresi keindahan masyarakat yang bersifat kolektif. Yang demikian itu ternyata tidak hanya terdapat di India dan Indonesia saja, juga terdapat di Barat pada masa lampau.

Dalam bahasa Latin pada abad pertengahan, ada terdapat istilah-istilah ars, artes, dan artista. Ars adalah teknik atau craftsmanship, yaitu ketangkasan dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu; adapun artes berarti kelompok orang-orang yang memiliki ketangkasan atau kemahiran; dan artista adalah anggota yang ada di dalam kelompok-kelompok itu. Maka kiranya artista dapat dipersamakan dengan cilpa. Ars inilah yang kemudian berkembang menjadi l’arte (Italia), l’art (Perancis), elarte (Spanyol), dan art (Inggris), dan bersamaan dengan itu isinyapun berkembangan sedikit demi sedikit kearah pengertiannya yang sekarang


Seni Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

seni1/se·ni/ a 1 halus (tentang rabaan); kecil dan halus; tipis dan halus: benda -- , benda yang halus bahannya dan buatannya; bercelak -- , memakai celak yang halus; jarum yang -- , jarum yang halus sekali; seorang putri yang -- , putri yang halus kulitnya; ular -- , ular yang kecil; 2 lembut dan tinggi (tentang suara): suara biduanita itu sungguh -- , suara yang kecil tinggi; 3 mungil dan elok (tentang badan): burung yang -- burung yang kecil dan elok;

menyeni/me·nye·ni/ a halus; lembut: lagunya -

seni2
/se·ni/ n 1 keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya); 2 karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti tari, lukisan, ukiran; seniman tari sering juga menciptakan -- susastra yang indah;
-- arca ilmu tentang arca dilihat dari segi tekniknya (gaya, cara, dan ketentuan pembuatannya);
-- bangunan seni tentang keindahan dalam membuat bangunan;
-- budaya perihal kesenian dan kebudayaan;
-- derita kegiatan yang dengan sengaja membuat menderita diri sendiri, seperti mengurung diri dalam ruangan;
-- drama seni mengenai pelakonan dalam pentas (sandiwara);
-- eksperimental seni yang diciptakan dengan maksud diujicobakan untuk dinilai dan diapresiasikan: musik garapan musikus itu dapat dikatakan sebagai -- eksperimental;
-- kriya seni kerajinan tangan: ia mempromosikan -- kriya Indonesia yang kaya ragam;
-- lukis seni mengenai gambar-menggambar dan lukis-melukis;
-- murni seni mengenai pembuatan barang yang indah-indah (seni lukis, seni pahat, dan sebagainya);
-- pahat seni mengenai pahat-memahat (membuat patung dan sebagainya); seni ukir;
-- panggung kebolehan dan keterampilan yang diperlukan dalam suatu pementasan;
-- ritual seni yang berkaitan dengan kepentingan memanunggalkan manusia dengan Tuhannya atau kekuatan adikodrati yang dipercayainya: Nini Thowok termasuk kategori pergelaran -- ritual Jawa;
-- rupa seni pahat dan seni lukis;
-- sastra seni mengenai karang-mengarang (prosa dan puisi);
-- suara seni olah suara atau bunyi (nyanyian, musik, dan sebagainya);
-- suara instrumental seni suara yang diperdengarkan melalui alat-alat, seperti alat tiup, alat gesek, dan alat pukul;
-- suara vokal seni suara yang diperdengarkan dengan perantaraan suara manusia;
-- sungging seni membuat gambar perhiasan;
-- taman lanskap;
-- tari seni mengenai tari-menari (gerak-gerik yang berirama);
-- ukir seni pahat;

berseni/ber·se·ni/ v mempunyai rasa seni; mengandung nilai seni;

menyeni/me·nye·ni/ v cak berseni: ia - juga;

kesenian/ke·se·ni·an/ n perihal seni; keindahan: sejarah -, sejarah tentang perkembangan seni;- rakyat kesenian masyarakat banyak dalam bentuk yang dapat menimbulkan rasa indah yang diciptakan sendiri oleh anggota masyarakat yang hasilnya merupakan milik bersama


Seni Menurut Ensiklopedia Indonesia.

Seni adalah ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis. Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.


Seni Menurut Para Ahli di Indonesia.

Ki Hajar Dewantara 
Menurut Ki Hajar Dewantara seni adalah hasil dari keindahan yang dapat menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan bagi yang melihatnya. Oleh karenanya, perbuatan manusia bisa mempengaruhi dalam menumbuhkan perasaan yang indah itulah seni.

Irma Damayanti, M.Sn
Menurut Irma Damayanti, M.Sn seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan juga sulit untuk dinilai, bahwa setiap individu artis memilih sendiri parameter yang menuntunnya dalam pekerjaannya.

Sartono Kartodirdjo
Menurut Sartono Kartodirdjo Seni adalah sebuah sistem yang koheren, karena bisa menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menunjukkan secara universal.

Ira Adriati, M.Sn
Menurut Ira Adriati, M.Sn Seni adalah sebuah proses & produk dalam memilih medium, suatu mindset peraturan untuk menggunakan medium itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dikirimkan melalui ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik itu sensai, gagasan, kepercayaan,maupun perasaan dengan cara yang efektif seefektif mungkin.

Prof. Drs. Suwaji Bastomi
Menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi Seni adalah segala kegiatan batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk yang agung dan memiliki daya pembangkit rasa haru dan takjub.

Drs. Sudarmaji
Menurut Drs. Sudarmaji Seni adalah segala bentuk manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan berbagai media seperti berbagai bidang, tekstur, garis, tekstur, warna volume dls. Seni juga bisa berarti ungkapan perasaan sang pencipta yang disampaikan kepada manusia supaya mereka bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pelukis atau para pencipta seni.

Harry Sulastianto
Harry Sulastianto mengemukakan seni budaya sebagai suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide & pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan & imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.

Ahdian Karta Miharja
Menurut Ahdian Karta Miharja Seni adalah segala bentuk aktifitas rohani yang merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya, dimana bentuk & isinya memiliki daya untuk membangkitkan keindahan tertentu didalam jiwa penikmatnya.

Dra.Nuning Y. Damayanti,Dipl.Art
Dra.Nuning Y. Damayanti,Dipl.Art Menjelaskan seni pada awalnya ialah sebuah proses dari diri manusia, sehingga seni itu adalah sinonim daripada ilmu. Seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari  berbagai kreatifitas manusia.

Drs. Popo Iskandar
Menurut Drs. Popo Iskandar Seni adalah hasil ungkapan emosi seseorang yang ingin disampaikan kepada orang lain, dilakukan dengan kesengajaan dan kesadaran hidup bermasyarakat.

Chatrin Muler
Menurut Chatrin Muler Seni adalah sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari unsur rasa.


Seni Menurut Ahli Luar Negeri.

Aristoteles 
Aristoteles  Mengemukakan bahwa seni adalah tiruan terhadap alam, namun sifatnya harus ideal atau sempurna.

Alexander Baum Garton
Menurut Alexander Baum Garton Seni ialah segala bentuk keindahan yang memiliki tujuan positif untuk menjadikan penikmat seni merasa bahagia.

Immanuel Kant
Immanuel Kant Mengungkapkan bahwa seni adalah bentuk yang penampilan dan pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan & seni itu ialah meniru alam.

Leo Tolstoy 
Menurut Leo Tolstoy  Seni adalah impian karena rumus – rumus tidak mampu mengikhtiarkan kenyataan.

Dari Penjabaran Begitu banyak Ahli kita dapat mengambil sebuah kesimpulan yakni Seni merupakan hasil dari aktifitas biologi yang kemudian di refleksikan ke dalam bentuk suatu karya yang kemudian mampu membangkitkan suatu panca indra dari orang lain yang melilhat atau pun yang mendengarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here